Selasa, 18 Juni 2013

hukum Malus




Hukum Malus
Hukum Malus mengatakan bahwa :
Interval waktu antara titik-titik yang berkorespodensi dari dua muka gelombang adalah sama untuk setiap pasangan titik yang berkorespodensi. Hal ini merupakan penjelasan tambahan dari asas Huygens. Pada gambar penjelasan teori Huygens terlihat bahwa A, B, C atau A’, B’, C’ disebut sebagai titik-titik yang berkorespondensi. Interval waktu antara A ke A’ adalah sama dengan interval waktu antara B ke B’ dan C ke C’. jadi dapat disimpulkan bahwa jarak antara AA’, BB’, CC’ adalah sama dan bergantung dari cepat rambat gelombang di setiap titik. Di dalam medium yang homogen dan isotropik, dengan cepat rambat sama di setiap titik ke segala arah, maka jarak antara 2 muka gelombang adalah sama untuk semua titik-titik yang berkorespondensi.



Prinsip Fermat
Cahaya akan selalu mengambil waktu tempuh jarak minimal untuk berjalan dari satu titik ke sebuah titik lainya. Cahaya akan selalu mencari lintasan yang paling pendek atau waktu yang paling cepat untuk mencapai titik yang dituju.
Jika medium yang dilewati cahaya homogen dan isotropik maka lintasan yang ditempuh adalah lintasan yang dengan waktu sependek-pendeknya adalah lintasan sependek-pendeknya. Jadi dalam medium yang demikian maka lintasan yang diambil adalah lurus. Sedangkan jika cahaya melalui berbagai medium homogen dan isotropik yang berbeda maka lintasanya merupakan garis lurus yang patah-patah sedemikian sehingga mengambil waktu sesingkat-singkatnya.

Berdasarkan prinsip fermat cahaya dari titik A akan menuju B melalui jarak yang paling dekat. Cahaya akan menempuh lintasan AOB yang paling dekat daripada lintasan ACB yang lebih jauh.
          
Hukum Pemantulan dan Hukum Pembiasan
Bunyi hukum pemantulan dan pembiasan yang sering kita kenal sebagai hukum Snellius adalah
1.      sinar datang, garis normal, sinar pantul dan sinar bias terletak pada satu bidang datar.
2.      sudut datang sama dengan sudut pantul
3.      perbandingan antara sinus sudut datang dengan sinus sudut bias adalah tetap artinya tidak tergantung besarnya sudut datang.

Bukti sinar datang, garis normal, sinar pantul dan sinar bias terletak pada satu bidang datar.

2 komentar:

  1. saran buat blognya, kalu tulisan sama baground jangan agak sama warnanya,, jadinya susah baca

    BalasHapus