Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP)
Sekolah :
SMP N Kupang
Mata Pelajaran : IPA Fisika
Kelas/Semester :
VII / I
Alokasi Waktu : 2 x 40’
Standar Kompetensi :
3. Memahami
wujud zat dan perubahannya
Kompetensi Dasar :
3.1 Menyelidiki sifat-sifat zat berdasarkan
wujudnya dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Indikator :
1. Menyelidiki perubahan wujud suatu zat
2.
Menafsirkan
susunan gerak partikel pada berbagai wujud zat melalui penalaran
3. Membedakan adhesi dan kohesi berdasarkan
percobaan
4. Mengaitkan peristiwa kapilaritas dalam
peristiwa kehidupan sehari-hari
A.
Tujuan
Pembelajaran :
Setelah pembelajaran, peserta didik:
1. Mandiri
dalam menjelaskan tiga wujud zat.
2. Kreatif
dalam menjelaskan perubahan wujud zat.
3. Kreatif
dalam menjelaskan contoh perubahan wujud zat.
B. Karakter
siswa
yang diharapkan
1. Kerja
sama
2. Berani
3. Ketelitian
tanggung jawab
C.
Materi
Pembelajaran :
1. Wujud
zat
2. Perubahan
wujud zat
D.
Metode
Pembelajaran:
1. Model
Pembelajaran
§ Kooperatif Learning
2. Metode
Pembelajaran
§ Diskusi
§ Tanya Jawab
§ Eksperimen
E.
Langkah
– Langkah Pembelajaran:
1. Kegiatan
Pendahuluan (10’)
§ Salam dan tegur sapa
§ Berdoa
§ Mengecek kehadiran siswa
§ Motivasi : Guru meminta seorang peserta didik
menyalakan lilin dan peserta didik lainnya mengamati.
§ Apersepsi : Perubahan wujud apakah yang
terjadi ketika lilin dibakar dan ketika lilin dipadamkan?
§ Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan
Inti (60’)
Ø Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru :
§ Peserta
didik menyebutkan wujud-wujud zat
§ peserta
didik memperhatikan bagan perubahan
wujud zat dan penjelasan guru
§ melibatkan
peserta didik untuk mencaritau dan menjelaskan sendiri perubahan-perubahan
wujud zat yang terlihat pada bagan perubahan wujud zat
§ menggunakan beragam pendekatan pembelajaran,
media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
§ memfasilitasi terjadinya interaksi
antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan
sumber belajar lainnya;
§ melibatkan peserta didik secara aktif dalam
setiap kegiatan pembelajaran; dan
§ memfasilitasi peserta didik melakukan
percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Ø Eksplorasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru :
§ Guru membimbing peserta didik dalam
pembentukan kelompok
§ Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan
eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
§ Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan
peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada
peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat
langsung memberikan bimbingan.
§ Peserta didik mendiskusikan dengan
kelompoknya untuk membuat kesimpulan dari eksperimen yang telah dilakukan.
§ Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi
kelompok secara klasikal.
§ Guru menanggapi hasil diskusi kelompok
peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
Ø Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi ini, guru :
§
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
§
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan
Penutup (10’)
§ Guru memberikan penghargaan kepada setiap
kelompok.
§ Guru membimbing peserta didik membuat
kesimpulan.
§ Guru memberikan kuis.
F. Sumber Belajar
§ Bahan Ajar
§ LKS
§ Alat dan bahan praktikum
G. Penilaian
1. Penilaian Pencapaian Kompetensi Dasar
No
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
|
Bentuk
|
Instrumen Penilaian
|
1.
|
Menjelaskan tiga wujud zat
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Lampiran 1
|
2.
|
Menjelaskan perubahan wujud zat
|
Tes tertulis
|
Pilihan Ganda
|
Lampiran 1
|
3.
|
Menjelaskan perubahan wujud zat
|
Tes tertulis
|
Pilihan Ganda
|
Lampiran 1
|
LAMPIRAN 1
No
|
Contoh Instrumen
|
Kunci Jawaban
|
Skor
|
1.
|
Sebutkan tiga wujud zat!
|
Zat padat, zat cair, dan zat gas
|
3
|
2.
|
Perubahan wujud zat cair menjadi zat gas
dinamakan....
a. membeku
b. melebur
c. menguap
d. mengembun
|
C
|
1
|
3.
|
Di bawah ini yang merupakan contoh peristiwa
melebur adalah....
a. air
menjadi es
b. es
menjadi air
c. air
menguap
d. uap
air menjadi embun
|
B
|
1
|
Mengetahui Kupang,
Kepala Sekolah Guru Mata
Pelajaran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar